Analisis Bibliometrik Pembelajaran Menulis Teks Biografi

Authors

  • Andriyana Andriyana Universitas Kuningan
  • Anggia Zalfa Afifah Universitas Kuningan
  • Nayla Lailatul Mardiyah Universitas Kuningan
  • Rido Wahyu Nugraha Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.48078/publetters.v2i1.45

Keywords:

pembelajaran teks biografi, analisis bibliometrik, literasi, pendidikan, VOSviewer, Publish or Perish

Abstract

Efektivitas metode pembelajaran menulis teks biografi masih perlu dikaji lebih lanjut dari berbagai sudut pandang. Penelitian ini bertujuan menganalisis tren dan pola penelitian terkait pembelajaran menulis teks biografi melalui pendekatan bibliometrik guna mengidentifikasi metode yang paling efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Dengan menganalisis publikasi ilmiah dari database terkemuka menggunakan perangkat lunak VOSviewer dan Publish or Perish, penelitian ini mengevaluasi tren topik, kata kunci, kutipan, serta jaringan kolaborasi penulis dalam kurun waktu 57 tahun terakhir. Temuan menunjukkan bahwa metode seperti mind mapping, inkuiri berbantuan teknologi, dan pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks biografi. Selain itu, analisis bibliometrik mengungkapkan dominasi tema “kemampuan menulis teks biografi” dan “pembelajaran teks biografi” dalam literatur, yang mencerminkan fokus akademik terhadap pengembangan keterampilan menulis siswa. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi pendekatan pedagogis berbasis teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, serta memberikan wawasan strategis bagi pendidik dan peneliti dalam merancang metode pengajaran yang lebih berbasis bukti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Busro, A. Mailana, and A. Sarifudin, “Pendidikan Islam dalam Publikasi Internasional: Analisis Bibliometrik pada Database Scopus,” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10, no. 02, Art. no. 02, 2021, doi: 10.30868/ei.v10i02.1591.

S. Hanifah, T. D. F. Abdillah, and K. Wachyudi, “Analisis Bibliometrik dalam Mencari Research Gap Menggunakan Aplikasi Vosviewer dan Aplikasi Publish or Perish,” Journal of Innovation Research and Knowledge, vol. 2, no. 7, Art. no. 7, Dec. 2022, doi: 10.53625/jirk.v2i7.4082.

D. Destari and N. R. Hidayat, “Produktivitas Penelitian Pendidikan dalam Pemetaan Kata Kunci: Analisis Bibliometrik,” Sanskara Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 1, no. 02, Art. no. 02, Apr. 2024, doi: 10.58812/sish.v1i02.380.

W. Widiyanto, “Perpustakaan Digital dalam Pendidikan Tinggi: Analisis Bibliometrik,” 1, vol. 12, no. 3, Art. no. 3, Nov. 2023, doi: 10.15294/jsi.v12i3.74695.

M. S. Kurdi and M. S. Kurdi, “Analisis Bibliometrik dalam Penelitian Bidang Pendidikan: Teori dan Implementasi,” Journal on Education, vol. 3, no. 4, pp. 518–537, Aug. 2021, doi: 10.31004/joe.v3i4.2858.

I. Muhammad, R. Darmayanti, R. Sugianto, and C. Choirudin, “Teori Vygotsky: Kajian Bibliometrik Penelitian Cooperative Learning di Sekolah Dasar (1987-2023),” Bulletin of Educational Management and Innovation, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2023, doi: 10.56587/bemi.v1i2.78.

D. Susilowati, “Keefektifan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, vol. 8, no. 2, Art. no. 2, 2019.

S. M. Safitri and A. Sumardi, “Pengaruh Metode Inkuiri Berbantuan Media Prezi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X,” Pena Literasi, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2021, doi: 10.24853/pl.4.1.45-56.

H. Sutrismin, R. Madeamin, and M. Nurahmad, “Pengaruh Penerapan Metode the Power of Two Pada Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMAN 19 Gowa,” Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, vol. 1, no. 4, Art. no. 4, Jul. 2023, doi: 10.51903/pendekar.v1i4.257.

E. S. Rahayu, S. Nurjanah, and Y. Rostikawati, “Penerapan Metode Jigsaw Pada Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa SMA,” Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 2, no. 5, Art. no. 5, Sep. 2019.

M. Yusuf, “Terampil Menulis Ulang Teks Biografi Menggunakan Metode Tanya Jawab Tertulis,” STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 8, no. 2, pp. 174–190, Oct. 2023, doi: 10.33654/sti.v8i2.2251.

J. Nabila and E. Rahayu, “Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan T.A 2022/2023,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 8, no. 1, pp. 1040–1049, Jan. 2024, doi: 10.31004/jptam.v8i1.12502.

N. Wahyuni and W. Linda, “Penguasaan Puebi dan Keterkaitannya dengan Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa SMA,” LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, vol. 1, no. 2, pp. 86–92, Jun. 2021, doi: 10.31539/literatur.v1i2.2406.

Y. Asira, D. Huri, and D. Suprihatin, “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi (Penelitian Quasi Eksperimen) pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Rawamerta,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, no. 10, Art. no. 10, Jun. 2024, doi: 10.5281/zenodo.11519519.

S. Janah, W. Wikanengsih, and D. S. Fauziya, “Pengaruh Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Karawang Tahun Ajaran 2017/2018,” Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 4, Art. no. 4, Jun. 2018.

J. Blegur, Z. A. Tlonaen, and R. Rosari, “Pelatihan Analisis Bibliometrik menggunakan Aplikasi Publish or Perish dan VOSviewer untuk Publikasi Ilmiah,” Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, vol. 3, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2023, doi: 10.37640/japd.v3i2.1843.

T. M. Fahrudin, “Bibliometric Analysis and Literature Review of Big Data Research Fields using Publish or Perish and VOSviewer,” Nusantara Science and Technology Proceedings, pp. 250–258, May 2024, doi: 10.11594/nstp.2024.4140.

Muhaemin Sidiq, “Panduan Analisis Bibliometrik Sederhana,” 2019, doi: 10.13140/RG.2.2.15688.37125.

E. Ernawati, R. Fauziah, and I. Mustika, “Keefektivan Penggunaan Metode Think Talk Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Cimahi,” Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 2, no. 3, Art. no. 3, May 2019.

I. K. Rahayu, S. Subyantoro, and R. Pristiwati, “Biografi Sastrawan Lokal dalam Pembelajaran Teks Biografi untuk Peserta Didik SMA,” Jurnal Sinestesia, vol. 12, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2022.

Y. Kusmayanti and F. Sugihanti, “Pembelajaran Menulis Teks Biografi dengan Media Film pada Siswa SMA Merdeka Soreang Kelas X IPA,” Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Mar. 2019.

A. Muzaqi, V. Rulviana, and R. S. Wuryaningsih, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Bentuk Infografis dengan Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas X7 di SMA Negeri 1 Magetan,” Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, vol. 21, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2023, doi: 10.53515/qodiri.2023.21.1.164-175.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Andriyana, A., Afifah, A. Z. ., Mardiyah, N. L. ., & Nugraha, R. W. . (2025). Analisis Bibliometrik Pembelajaran Menulis Teks Biografi. Publishing Letters, 2(1), 30–40. https://doi.org/10.48078/publetters.v2i1.45

Issue

Section

Articles